ANWARI: Mahasiswa ke-5 yang Lulus Ujian Tesis

Rabu, 26 Juni 2013
Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan. Itulah Anwari, salah satu mahasiswa Program S-2 MPBSI, FKIP Unila Angkatan 2011 yang dinyatakan lulus setelah mempertahankan tesisnya di hadapan dewan penguji. Anwari, yang bertugas sebagai guru Bahasa Indonesia di MAN 2 Bandar Lampung merupakan mahasiswa ke-5 yang dinyatakan lulus magister bidang bahasa dan sastra Indonesia. Dengan demikian, Program S-2 MPBSI FKIP Unila hingga hari ini telah meluluskan 5 orang mahasiswa.

Anwari, dalam sidang tertutup mempertahankan hasil penelitian yang bertajuk Tindak Tutur Direktif pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X MAN 2 Tanjung Karang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis tersebut berisi “Kajian Analisis Wacana”, khususnya penggunaan bahasa lisan yang dilakukan oleh guru (penutur) dengan anak didiknya (mitra tutur) dalam konteks formal. Kajian tersebut cukup menarik karena berimplikasi pada sikap berbahasa anak didik dalam situasi formal. Kontribusi penggunaan bahasa lisan oleh guru (penutur) dalam KBM di kelas memiliki dampak signifikan bagi anak didik, yang berimplikasi pada penggunaan bahasa Indonesia (lisan) di kelas. Guru adalah model bagi anak didiknya di kelas (sekolah), khususnya dalam penggunaan bahasa Indonesia. Kebakuan dan ketaaatazasan penggunaan bahasa lisan dalam situasi formal di sekolah, khususnya Tindak Tutur Direktif sangat dipengaruhi oleh penggunaan bahasa guru. Oleh karena itu, sikap anak didik dapat tercermin dari sikap penggunaan bahasa lisan, yang sekaligus mencerminkan karakter dan kecintaannya dalam menggunakan bahasa Indonesia. Realisasinya dapat terasa manakla guru dan anak didik mampu menggunakan bahasa Indonesia (lisan) secara berterima (komunikatif) dan santun. Penggunaan bahasa Indonesia (lisan) akan bernas manakala antara guru (penutur) dan anak didik (mitra tutur) dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan yang saling mengisi dan menyenangkan, begitu pun sebaliknya.

Anwari mempertahankan tesisnya di hadapan dewan penguji yang diketuai oleh Dr. Nurlaksana Eko Rusminto, M.Pd., Dr. Wini Tarmini, M.Hum. (sekretaris), Dr. H. Mulyanto Widodo, M.Pd. (penguji I), dan Dr. Edi Suyanto, M.Pd. (penguji II). Dalam sambutannya, ketua dewan penguji berharap agar mahasiswa yang lain untuk bekerja keras sehingga dapat dengan segera mengikuti ujian tesis. Semoga (Edi Suyanto)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *