Visi, Misi, dan Tujuan

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Pencapaian                                         Program S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia                                            FKIP Universitas Lampung

Visi

Pada tahun 2020, Program MPBSI menjadi tiga terbaik dari program studi sejenis di Sumatera, terakreditasi A, menghasilkan lulusan yang profesional, dan mampu bersaing di pasar global.

Misi

1

Menyelenggarakan pendidikan di bidang BSI: memperbaiki mutu proses pembelajaran, memberikan layanan dan bimbingan terhadap mahasiswa secara sinergis selaras dengan perkembang­an Ipteks yang berlandaskan pada nilai-nilai kemanusiaan.

2

Melaksanakan penelitian berbasis keilmuan di bidang PBSI: bekerja sama dengan lembaga/instansi terkait, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional secara berkelanjutan untuk peningkatan mutu dosen dan mutu lulusan.

3

Melakukan pengabdian kepada masyarakat, khususnya di bidang PBSI secara terprogram untuk meningkatkan wawasan dan ke­mampu­an berbahasa dan bersastra Indonesia serta pembelajarannya.

 Tujuan

1

Menghasilkan lulusan (calon guru/dosen/tenaga profesional di bidang BSI) yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial untuk memenuhi kebutuhan guru di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, SMK; dosen perguruan tinggi, dan lembaga terkait.

2

Membantu memecahkan masalah sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara membangun suasana akademik yang kondusif dan dinamis dalam semua kegiatan yang berbasis soft-skill.

3

Menyelenggarakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

4

Menghasilkan penelitian berbasis keilmuan di bidang PBSI yang bekerja sama dengan lembaga/instansi terkait, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional secara berkelanjutan untuk peningkatan mutu dosen dan mutu lulusan.

5

Meningkatnya jumlah dan mutu penelitian di bidang PBSI yang inovatif

berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan secara berkelanjutan.

6

Berperan aktif dan menjalin kemitraan dengan stakeholders dalam           memecahkan berbagai masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia serta pembelajarannya yang terjadi di masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.

 Sasaran

1

Terwujudnya mutu proses dan hasil pembelajaran, layanan dan bimbingan terhadap mahasiswa secara kondusif dan dinamis, yang tercermin pada tata kelola yang efisien, produktif, dan efektif.

2

Tercapainya peningkatan jumlah lulusan mahasiswa pada semester empat dari 20% menjadi 53,33%, yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di bidang BSI dan pembel­ajar­an­nya yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, memiliki rata-rata IPK minimal 3,64, mencapai EPT minimal 500, dan masa tunggu lulusan yang belum bekerja untuk mendapat pekerjaan pertama kurang dari tiga bulan.

3

Tercapainya jumlah penelitian dosen, baik individu maupun kelompok (dosen—dosen dan dosen—mahasiswa/guru) sebanyak  2 buah  per tahun, yang didanai PT sendiri 50% dan sumber lain 50% serta 5 hasil penelitian tersebut dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional/in­ter­nasio­­nal.

4

Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil penelitian oleh dosen (sekali sebagai ketua atau dua kali sebagai anggota per tahun) yang melibatkan mahasiswa.

Strategi Pencapaian Sasaran

1

Menyiapkan, memperbaharui, dan menambah sarana dan prasarana pembelajaran yang lebih inovatif untuk menunjang kegiatan akademik dan nonakademik sehingga pada tahun 2020 seluruh kegiatan dapat terlaksana secara maksimal dan realistis.

2

Memenuhi rasio ideal antara dosen dan mahasiswa bimbingan 1:5 dengan cara mengusulkan penambahan jumlah dosen kepada universitas dengan kriteria minimal berpendidikan S-3 sebanyak 2 orang per tahun untuk meningkatkan mutu pem­belajaran dan pembimbingan sehingga pada tahun 2020 lulusan PBSI mampu memenuhi kebutuhan pasar  global.

3

Menyempurnakan instruksi kerja (IK).

4

Meningkatkan layanan (pembimbingan) tugas akhir (tesis).

5

Menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan (stakeholders).

6

Meningkatkan kemampuan dosen menulis proposal penelitian dan pengabdian

7

Menjalin kerja sama dengan berbagai sponsor pendanaan penelitian dan pengabdian.

8

Menjalin kerja sama dengan pengelola jurnal terakreditasi nasional/  internasional.

9

Meningkatkan status jurnal prodi/jurusan menjadi terakreditasi nasional

10

Menjalin kerja sama regional (dinas pendidikan/MGMP BSI) dan instansi terkait secara nasional maupun internasional.

11

Memantau seluruh kegiatan (internal dan eksternal) secara terprogram dan proporsional melalui kegiatan monev untuk tujuan pembinaan dan pengawasan yang melekat, dan memberi penghargaan bagi dosen, staf, dan mahasiswa yang berprestasi.

12

Mengusulkan/mempromosikan 4 dosen tetap (50%) yang ber­gelar doktor menjadi guru besar (Prof.) sehingga pada tahun 2017 memiliki guru besar (Prof.) tetap dan tidak tetap lebih dari 85%.

13

Menambah jumlah tenaga kependidikan (staf administrasi, pustakawan, dan laboran) masing-masing satu orang yang memiliki kompetensi di bidang IT (integrated technology) sehingga pelayanan dan pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana secara maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *