Visi, Misi, dan Tujuan

Visi Program Studi

Visi prodi dirumuskan sesuai dan relevan dengan visi fakultas dan universitas. Adapun visi Prodi MPBSI FKIP Unila adalah Pada Tahun 2024, Menjadi Prodi yang Kreatif dan Inovatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Berdaya Saing Global “.

 

Misi Program Studi

Prodi MPBSI FKIP Unila menetapkan empat misi sebagaimana terurai dalam rumusan berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkelanjutan di bidang BSI berlandaskan pende­kat­an kreatif-inovatif, baik tatap muka (face to face) maupun online yang diper­kuat dengan kabaruan hasil penelitian sesuai perkembang­an Ipteks.
  2. Melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah di bidang pendidikan BSI, yang mendorong pada pengembangan SDM dalam kesepahaman global untuk men­dapat pengakuan di tingkat nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan layanan sosial berbasis hasil penelitian dan kepakaran di bidang pendidikan BSI melalui kegiatan PkM secara terprogram.
  4. Menjalin kemitraan dengan lembaga/instansi terkait, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional untuk memperkuat prodi melalui program pembelajaran, penelitian, dan PkM secara berkelanjutan.

Tujuan Program Studi

Berdasarkan visi dan misi, maka ditetapkan tujuan Prodi MPBSI FKIP Unila seperti berikut ini.

  1. Lulusan bergelar magister di bidang BSI yang berkompeten secara aka­demik, pedagogik, kepribadian sosial, dan profesional untuk me­menuhi kebutuhan guru di tingkat sekolah menengah, dosen, dan lembaga terkait.
  2. Mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan BSI dalam jurnal terindeks, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.
  3. Berperan aktif dalam kegiatan sosial dengan alumni, lembaga ter­kait, dan stakeholders dalam memecahkan berbagai masalah yang terkait dengan ilmu kependidikan di bidang Bahasa dan sastra Indonesia melalui kegiatan PkM secara terprogram.
  4. Memperluas dan menghasilkan kegiatan kerja sama dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *