FIELDTRIP: Program MPBSI FKIP Unila

Untuk kali kedua, Program MPBSI FKIP Unila melaksanakan agenda akademik berupa kunjungan langsung (fieldtrip) ke perguruan tinggi terkenal di Bandung. Kunjungan kali ini dilaksanakan sejak tanggal 9 s.d. 13 Juni 2013. Agenda kunjungan dikemas secara khusus dengan target “kunjung referensi/pustaka” di pusat dokumentasi UPI dan UNPAD Bandung. Dipilihnya UPI dan UNPAD Bandung dengan alasan di samping kedua PT tersebut telah menjalin kerjasama dengan Unila, hal terpenting lainnya karena kedua PT tersebut memiliki jurusan/prodi yang sama dengan Program S-2 MPBSI FKIP Unila. Fieltrip kali ini terdiri atas 27 mahasiswa yang didampingi oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (Dr. H. Muhammad Fuad, M.Hum.), Ketua Program MPBSI FKIP Unila (Dr. Nurlaksana Eko Rusminto, M.Pd.), dan Sekretaris (Dr. Edi Suyanto, S.Pd., M.Pd.). Adapun tujuan utama fieldtrip adalah untuk menggali berbagai informasi tentang kebahasaan, kesastraan, dan pembelajarannya, yang tertuang dalam hasil penelitian (tesis), artikel ilmiah, dan jurnal (nasional dan internasional).

Agenda pertama berupa kunjungan ke UPI Bandung yang disambut oleh Kaperpus UPI Dra. Nana S., M.Lib. Dalam sambutannya mahasiswa diberi pembekalan, khususnya teknik mengakses informasi, baik berupa dokumentasi tertulis maupun online. Akses informasi bagi mahasiswa Program S-2 MPBSI FKIP Unila, khususnya dokumentasi hasil penelitian di bidang kebahasaan dan kesastraan dengan mudah diperoleh karena adanya kerjasama antara FKIP Unila dan UPI Bandung. Atas kemudahan tersebut, mahasiswa memperoleh banyak manfaat terutama dalam hal memperoleh referensi mutakhir yang relevan.

Agenda berikutnya adalah kunjungan ke pusat dokumentasi UNPAD Bandung. Seperti halnya di UPI, kunjungan ke UNPAD pun mendapat sambutan yang sangat baik. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa disambut oleh Sekretaris Program S-2 Linguistik dan Sekretaris Program Doktor UNPAD Prof. I. Syarif Hidayatullah, M.A. Dalam sambutannya, Prof. I. Syarif Hidayatullah, M.A. juga mempresentasikan hasil penelitiannya, khususnya di bidang Filologi atau kajian tekstual naskah kuno yang secara akademis banyak memberikan inspirasi bagi mahasiswa di bidang penelitian. Dalam sambutannya, Sekretaris Program Doktor UNPAD juga berharap para alumni Program S-2 MPBSI FKIP Unila dapat melanjutkan ke jenjang S-3 di UNPAD seperti alumni Unila lainnya. Agenda selanjutnya berupa kunjungan langsung ke pusat dokumentasi UNPAD dan diakhiri dengan belanja buku di pusat perbelanjaan buku Palasari Bandung (Edi Suyanto).

2 thoughts on “FIELDTRIP: Program MPBSI FKIP Unila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *