KURIKULUM PROGRAM S-2 PEND. BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
Sebaran Mata Kuliah
Semester I | |||
Komak | Mata Kuliah | sks | Status |
BHS812001 | Dasar- Dasar Pendidikan | 0**) | Wajib |
BHS812002 | Bahasa Inggris | 0**) | Wajib |
BHS812003 | Dasar- Dasar Bahasa & Sastra Indonesia | 0**) | Wajib |
UNI812101 | Filsafat Ilmu | 2 (2-0) | Wajib |
KIP812101 | Wawasan Pendidikan | 2 (2-0) | Wajib |
KIP812102 | Statistika dalam Penelitian science homework Pendidikan | 2 (1-1)*) | Pilihan |
BHS812101 | Psikolinguistik | 2 (1-1) | Wajib |
BHS812102 | Struktur Bahasa Indonesia | 3 (1-2) | Wajib |
BHS812103 | Sosiolinguistik | 3 (1-2) | Wajib |
BHS812104 | Telaah Sastra I | 2 (1-1) | Wajib |
Jumlah | 16 (9-7) | – | |
Semester II | |||
Komak | Mata Kuliah | sks | Status |
KIP812103 | Kajian Teori Pendidikan dan Pembelajaran | 2 (0-2) | Wajib |
BHS812105 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 (1-2) | Wajib |
BHS812106 | Semantik | 2 (1-1) | Wajib |
BHS812107 | Analisis Wacana Bahasa Indonesia | 2 (0-2) | Wajib |
BHS812108 | Telaah Sastra II | 3 (1-2) | Wajib |
BHS812109 | Evaluasi Pembel. Bhs & Sastra Indonesia | 3 (1-2) | Wajib |
Jumlah | 15 (4-11) | – | |
Semester III | |||
Komak | Mata Kuliah | sks | Status |
BHS812201 | PBM Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 (1-2) | Wajib |
BHS812202 | Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia | 3 (1-2)*) | Pilihan |
BHS812203 | Seminar Bhs (Sastra) Ind. & Pembelajarannya | 3 (0-3) | Wajib |
BHS812204 | Problematika Pembelajaran Sastra Indonesia | 3 (1-2)*) | Pilihan |
Jumlah | 9 (2-7) | – | |
Semester IV | |||
Komak | Mata Kuliah | sks | Status |
BHS812204 | Tesis | 6 (0-6) | Wajib |
Jumlah | 6 (0-6) | – | |
Keterangan: | |||
*) Mata Kuliah Pilihan | |||
**) Matrikulasi |
DESKRIPSI MATA KULIAH
BHS812001 Dasar- Dasar Pendidikan, 0 sks (0-0
Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan membekali mahasiswa agar memiliki wawasan tentang konsep dasar pendidikan, baik secara filosofis, historis, sosiologis, maupun psikologis yang selaras dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, Pancasila, dan UUD 1945.
BHS812002 Bahasa Inggris, 0 sks (0-0
Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan tambahan sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikannya secara komunikatif dan produktif untuk kepentingan ilmu pengetahuan.
BHS812003 Dasar- Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia, 0 sks (0-0
Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan membekali mahasiswa agar memiliki wawasan tentang bahasa sebagai ilmu (science), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill). Topik kajiannya meliputi batasan bahasa, organ bicara, ragam bahasa, fungsi bahasa (lisan—tulis), fungsi bahasa dalam teks sastra, logika, hermeneutik, dan wacana.
UNI812101 Filsafat Ilmu, 2 sks (2-0)
Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, terutama konsep dasar berpikir ilmiah. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat (klasik dan modern), paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal (berpikir).
KIP812101 Wawasan Pendidikan, 2 sks (2-0)
Mata kuliah ini bertujuan memberikan arah bagi mahasiswa secara komprehensif, terutama masalah kebijakan, proses pendidikan dan pembelajaran (formal, nonformal) yang ada di masyarakat. Hal lain yang terkait, yakni mengkaji berbagai fenomena serta implementasi pendidikan dan pembelajaran, termasuk di dalamnya sikap masyarakat terhadap pendidikan. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki wawasan dan apresiasi yang mendalam, khususnya tentang penyelenggaraan pendidikan, yang erat hubungannya dengan faktor animo dan kesadaran masyarakat, anggaran (pembiayaan), kualitas, dan arah perkembangan pendidikan di masa datang, baik secara mikro maupun makro.
KIP812102 Statistika dalam Penelitian Pendidikan, 2 sks (1-1)
Mata kuliah ini membahas teknik-teknik analisis statistik yang digunakan dalam kegiatan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain: meliputi penaksiran parameter populasi, pengujian dua nilai statistik atau lebih yang meliputi antara lain nilai rata-rata proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linear, dan beberapa teknik statistik nonparametrik. Mata kuliah ini juga mencakupi pelatihan menggunakan paket-paket program statistik yang tersedia dalam software komputer.
KIP812103 Kajian Teori Pendidikan dan Pembelajaran, 2 sks (0-2)
Mata kuliah ini memfokuskan kajian dasar secara teoretis tentang pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak berkaitan dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan-persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai aspek yang melandasi pendidikan, antara lain landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis.
BHS812101 Psikolinguistik, 2 sks (1-1)
Mata kuliah ini mengkaji hubungan antara bahasa dan perilaku dan akal budi manusia, yang merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi pengertian dan aliran-aliran psikolinguistik, pandangan psikolinguistik tentang bahasa, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak-anak, dan metode-metode penelitian psikolinguistik.
BHS812102 Struktur Bahasa Indonesia, 3 sks (1-2)
Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal kepada mahasiswa secara komprehensif, khususnya implementasinya secara tertulis berdasarkan kaidah morfologi dan struktur bahasa Indonesia (sintaksis). Kajian dalam mata kuliah ini mencakup (1) proses morfologis, (2) frasa, (3) klausa, (4) kalimat, (5) pendekatan tradisional, (6) pendekatan struktural, (7) pendekatan transformasional, dan (8) pendekatan fungsional.
BHS812103 Sosiolinguistik, 3 sks (1-2)
Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa bahwa bahasa itu tidak dapat dilepaskan dari masyarakat pemakainya. Untuk memahami hal tersebut mahasiswa diperkenalkan dengan konsep-konsep bahasa dan masyarakat bahasa; latar belakang sosial ekonomi, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan lingkungan pergaulan yang direfleksikan dalam bahasa; analisis bahasa berdasarkan pendekatan sosiolinguistik. Topik yang dibahas meliputi (1) hakikat bahasa menurut aliran struktural, transformasional, dan sosiolinguistik, (2) ruang lingkup kajian sosiolinguistik, (3) variabel-variabel sosiolinguistik, (4) acuan deskripsi variasi bahasa, (5) kedwibahasaan (bilingualisme), dan (6) kontribusi sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta penggunaan bahasa di masyarakat.
BHS812104 Telaah Sastra I, 2 sks (1-1)
Mata kuliah ini disajikan agar menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian puisi, yang ditunjukkan dengan penulisan esai dan kritik atas puisi sebagai fenomena sastra.
BHS812105 Metodologi Penelitian Pendidikan, 3 sks (1-2)
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran, termasuk di dalamnya bidang bahasa dan sastra Indonesia sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas antara lain meliputi: paradigma dan jenis-jenis penelitian (kuantitatif dan kualitatif), latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, dan penyusunan instrumen penelitian. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa dapat menyusun proposal (usulan) penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhir (tesis).
BHS812106 Semantik, 2 sks (1-1)
Mata kuliah ini mengkaji masalah makna dalam sistem tanda dan kaidah bahasa, tipe dan jenis makna, perubahan makna (proses adaptasi, asimilasi, disimilasi, perluasan dan penyempitan makna, serta penyederhaaan atau penyesuaian makna).
BHS812107 Analisis Wacana Bahasa Indonesia, 2 sks (0-2)
Fokus kajian dalam matakuliah ini, yakni mempelajari bahasa dan sastra Indonesia dalam penggunaannya. Setelah mengikuti perkuliahan analisis wacana bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan jenis-jenis wacana, relasi makna, kohesi dan koherensi, konteks dan peranannya, serta hubungan antara wacana dan pragmatik. Dengan pengetahuan dan pemahaman tersebut mahasiswa dapat melakukan kegiatan analisis wacana secara komprehensif (wacana percakapan), termasuk di dalamnya wacana kesastraan.
BHS812108 Telaah Sastra II, 3 sks (1-2)
Mata kuliah ini disajikan untuk membantu mahasiswa memperdalam wawasan kesastraan, mengembangkan kemampuan dalam memahami dan menghayati karya sastra, menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian prosa fiksi dan drama, yang ditunjukkan dengan penulisan prosa fiksi dan drama sebagai fenomena sastra.
BHS812109 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)
Fokus kajian dalam mata kuliah ini, yakni membekali pengetahuan kepada mahasiswa tentang evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta keterampilan menyusun dan menggunakan berbagai bentuk dan jenis tes. Topik yang dibahas meliputi prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, pendekatan dan dasar pengembangan penggunaan tes bahasa dan sastra Indonesia dalam berbagai bentuknya, telaah terhadap ciri-ciri tes bahasa yang baik, serta interpretasi dan penetapan hasilnya.
BHS812201 PBM Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)
Matakuliah ini memuat berbagai hal, seperti menjelaskan berbagai strategi dan teknik dalam pembelajaran bahasa untuk bermacam-macam keperluan. Topik yang dibahas antara lain meliputi (a) konsep dasar (filosofi) pembelajaran, (b) perancangan pembelajaran: standar kompetensi, tujuan, pemilihan/penetapan materi berdasarkan sumber belajar, pembuatan/pemanfaatan media, pemilihan model pembelajaran, dan penyusunan kisi-kisi soal, (c) pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu dan evaluasi, serta (d) sikap positif sebagai pengajar bahasa dan sastra Indonesia, baik dalam kaitan dengan anak didik maupun dunia pendidikan pada umumnya.
BHS812202 Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)
Mata kuliah bertujuan menganalisis perkembangan bahasa dan sastra Indonesia serta problematika yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan dan alternatif pemecahannya. Matakuliah ini bertujuan membekali mahasiswa agar mampu mengembangkan pemahaman dan wawasan pendidikan yang luas, baik situasi yang wajar maupun situasi yang problematik. Topik yang dibahas mencakupi segi-segi problematik teoretis dan praktis di sekolah, kebijakan pengembangan dan kecenderungan arah pendidikan di masa depan, serta kaitan antara kebijakan pengembangan pendidikan dan masalah-masalah riil yang terjadi di masyarakat.
BHS812203 Seminar Bahasa (Sastra) Indonesia, dan Pembelajarannya, 3 sks (0-3)
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk menyusun dan menyajikan buah pikiran berupa hasil telaah fenomena dan hasil penelitian bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya dalam suatu forum ilmiah. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menyajikan suatu ide dan gagasan secara jelas, sistematik, runtut, dan logis sesuai dengan isu-isu mutakhir yang berkembang dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.
BHS812204 Tesis, 6 sks (0-6)
Tesis adalah karya nyata mahasiswa calon Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mengakhiri perkuliahan program S-2 (pascasarjana). Tesis merupakan puncak proses dan hasil belajar, yang merupakan alat edukasi dalam mengembangkan kemampuan bernalar secara ilmiah dalam rangka memecahkan permasalahan komprehensif mengenai bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya. Karya nyata ini dipertahankan di depan dewan penguji yang ditetapkan oleh fakultas.